BOCOR DAN PENANGGULANGANNYA !!

Penyebab Bocor
Penyebab bocor atap dari genteng pada umumnya karena :

  • genteng (kurang rapat, pecah, geser, lubang)
 
  • aliran air terhambat (daun atau kotoran, talang kurang miring, talang kurang besar)
    
  • kemiringan atap kurang 
 
  • retak kerpus dan ban-banan


Mengatasi Bocor
Langkah mengatasi bocor sangat bergantung pada penyebab dan sumber kebocoran seperti yang saya sampaikan sebelumnya. Seperti masalah genteng yang rusak baik pecah, retak maupun berlubang maka langkah yang bisa dilakukan dengan melakukan penggantian. Jika penyebabnya karena posisi genteng yang melorot atau bergeser kita tinggal memasangnya kembali dengan benar dan presisi, serta menghindari adanya celah antar genteng yang memungkinkan air hujan dapat masuk.
Untuk permasalahan talang air memang seyogyanya dapat kita bersihkan secara berkala setiap minimal 6 bulan sekali, terlebih lagi banyak pepohonan rindang di rumah kita maka harus lebih sering kita bersihkan. Sebagian besar bocor pada atap rumah banyak disebabkan karena talang air yang tersumbat sehingga air di talang meluap. Untuk permasalahan talang air yang terlalu kecil memang mau tidak mau kita harus menggantinya dengan yang lebih lebar, karena tidak ada solusi lain yang bisa kita lakukan selain hal itu.
Kemiringan atap jika tidak dibenahi selamanya akan menjadi permasalahan penyebab kebocoran. Oleh karena itu usahakan tingkat kemiringan atap rumah anda berkisar 30-40 derajat agar air hujan dapat mengalir dengan lancar kebawah. Selain dari beberapa solusi tersebut usahakan untuk memberikan pelapis anti bocor pada sambungan talang ataupun tembok, hal ini untuk meminimalisir penyebab bocor.

Terdapat beberapa macam aplikasi waterproofing untuk memperbaiki atap :

  • Coating / Dikuas 
  • Membran
 
  • Integral (Dicampur pada saat proses cor)
  


  • Spay (Semprot)


Adapun produk-produk yang dapat digunakan :

  
   




Demikian sedikit solusi  semoga dapat bermanfaat bagi anda. Kemudian satu hal yang mendasar juga adalah rencanakan dan rancang rumah anda dengan tepat agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari salah satunya adalah bocor.