METODE / CARA PLESTERAN


1.Umur pasangan batu bata minimal 1 hari (24jam) dan dinding beton minimal 14 hari.
2.Bersihkan area plesteran dan permukaan dindingnya dari kotoran dengan sapu lidi.
3.Pada dinding beton, permukaannya terlebih dahulu diciping atau dapat juga dikamprot dengan bahan tile additive, lalu dibiarkan selama 24 jam sampai kering.

4.Apabila terdapat pertemuan antara dinding beton dengan pasangan batu bata dan tidak ditentukan dalam spesifikasi serta tidak ada tali air, maka sepanjang pertemuannya dipasang kawat ayam dengan cara dipaku.

5. Berilah marking bidang yang akan diplester dengan memaku keempat sudutnya dan jika tidak ditentukan di spek, pakukan sudut atas 25m lebih tinggi dari elevasi plafondnya.
  Kemudian tariklah benang horisontal dan vertikal dari paku satu ke yang lain. Jarak antara benang dan permukaan dinding merupakan ketebalan plesteran nantinya.
6. Pasanglah alas kayu untuk menampung adonan yang jatuh




7.  Periksalah vertikalitas benang dengan dilot.
8. Tariklah benang berikutnya pada keempat sisi bidang plesteran dengan jarak 5cm dan benang horisontal dan vertikal selanjutnya ditarik dengan jarak antar benang 1,5m.
  Kemudian siramlah dinding yang akan diplester dengan air bersih.



9.   Persiapkan adukan plesteran sesuai spesifikasi di dalam kotak kayu tempat adukan atau menggukan molen kecil dan adonan haruslah rata, homogen dan tidak menggumpal.
  Jika adonan terlalu kental, boleh ditambahi air sedikit selama umur adonan belum melebihi ½ jam sejak awal pengadukan. Umur adonan dan tidak boleh lebih dari 2jam, karena daya rekatnya ,emjadi berkurang, oleh sebab itu, buatlah adonan secukupnya.

PELAKSANAAN

1.Buatlah caplakan pada setiap persilangan benang dan ratakan permukaan adukan dengan sendok semen sampai mencapai ketebalan yang diinginkan (jarak antara benang dan permukaan dinding)
2.  Setelah membuat caplakan lepaskan benang dengan paku hati-hati. Kemudian antara caplakan tersebut buatlah klabangan horisontal atas dan bawah saja serta kelabangan vertikal

3. Pada pertemuan 2 dinding di sisi dalam, buatlah salah satu klabangan mepet dengan siku dalam pada dinding, dan berkaitan jarak 5cm untuk klabangan dinding berikutnya.

4. Sebelum melaksanakan plesteran, cek kelembaban pada dinding yang akan diplester dan jika diperlukan siram lagi dinding dengan air bersih. Lakukan plesteran dengan mengguinakan sendok semn atau roskam, ratakan serta padatkan permukaan dengan jidar aluminium. Pada pertemuan anatra sudut, plesteran dibuat dengan lurus