HARGA MEMBANGUN RUMAH

Mungkin diantara baak ibu ada yang memiliki pertanyaan, "Sebenarnya berapa sih harga normal borongan bangunan ?" kami mencoba mendiskripsikan harga membangun rumah di tentukan oleh banyak faktor, dan biaya membangun rumah antara rumah satu dengan yang lainnya pasti berbeda.
Yang berpengaruh terhadap harga bangunan rumah :
  1. Volume / Luasan pekerjaan
  2. Spesifikasi / Jenis material yang dipakai
  3. Bentuk desain rumah tersebut, kaitannya dengan dimensi, estetika dll
  4. Tingkat kesulitan, contoh lokasi aksesnya mudah / sulit, ketinggian bangunan.
  5. Waktu pengerjaan
Untuk itu perlu dibuat Rencana Anggaran Biaya ( RAB ), dimana dalam RAB ini akan menghitung secara pasti volume masing-masing pekerjaan seperti pekerjaan pemasangan dinding, pemasangan lantai, struktur, atap dll. Di dalam RAB ini juga secara detail sudah di informasikan mengenai jenis bahan yang di pakai, ukuran , kualitas dan merek material yang di pakai.
PENTING UNTUK KITA PAHAMI  : Dalam memberikan harga borongan harus wajar, artinya tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah relatif terhadap vilume dan spesifikasi yang akan diterapkan. Jika Pemborong memberikan harga yang terlalu murah akan beresiko tinggi terhadap kualitas, kesesuaian spesifikasi, bahkan malah ada pemborong lari karena dalam pelaksanaannya tidak dapat bekerja dengan harga tersebut. Sebaliknya harga juga tidak terlalu tinggi agar tidak memberatkan pemilik rumah.
MENGHITUNG BERDASARKAN LUASAN
Namun demikian ada suatu pendekatan secara empiris (pengalaman) terhadap nilai bangunan sederhana yang biasaya dinilai dari m2 luas bangunan, meskipun dalam scope-scope tertentu kontraktor / pemborong perlu mereview secara rinci spesifikasi dan volume pekerjaan.

RUMAH LUX

  • 2 Lantai Harga Rp.4 Juta s/d Rp.4,5 juta Per M2 + Free Desain
PEKERJAANSPESIFIKASIMERK
PondasiBatu Kali , Cakar Ayam
BetonBeton Bertulang Besi Kombinasi antara besi 16 , 13 , 12 , 10 , 8 , 6
DindingBata Merah / Bata Ringan(diplester-aci & cat ).
KayuKusen , Pintu , JendelaKayu Jati
CatDinding dan PlafondMowilex/Dulux/Jotun
CatDinding SampingMowilex/Dulux/Jotun
Cat KayuMelamin / Duco
LantaiKombinasi Marmer Makasar/Tulung Agung, Granite Tile 60 x 60, Keramik, Parket, Batu AlamMarmer Ujung Pandang Granite Tile
SanitairKelas 1Toto/Amstad
Rangka Atap & AtapBaja Ringan + Genteng KeramikPryda , Kanmuri , Mutiara
PlafondGypsum Rangka HollowKnauf/Jaya/Elephant
ListrikStandar SNI