Pekerjaan Kolom/Balok Praktis

Pelajarilah denah keseluruhan lokasi pemasangan kolom praktis beserta pelengkap (jika diperlukan), dalam skala 1:200, 1:50 dan 1:20 yang menggambarkan :

1.Posisi kolom praktis dan dimensinya
2.Letak pasangan batu bata
3.Detail Pembesian beserta diameter, ukuran dan jumlah besi.
4.Jarak kolom praktis As ke As.



KEPERLUAN ALAT
* Meteran
* Kawat bendrat
* Gegep/kakatua
* Palu & tang
* Bor beton
* Helm pengaman
* Bar cutter
* Bar bender
* Gunting besi manual
* Profil kayu kaso
* Kunci besi
* Sabuk pengaman


1.Bersihkan area dimana akan dilakukan pemasangan kolom praktis dan sekitarnya.
2.Rangkailah besi tulangan kolom praktis dengan jarak yang sesuai dengan shop drawing, ikatlah dengan sistem ikat satu arah dengan kuat, antara tulangan utama dan sengkang/beugel dengan menggunakan kawat bendrat. Jarak setiap sengkangnya dibuat seragam.
3.Persiapkan potongan besi d 10 sebanyak 8 buah, 4 buah untuk sisi atas pelat dan 4 buah untuk sisi bawah pelat.

4.Buatlah marking posisi 8 stek penguat, 4 stek pada pelat atas dan 4 stek pada bawah.
  Bor pelat lantai atas dan bawah sampai kedalaman 5cm pada sudutnya, kemudian bersihkan lubang tersebut dan pasanglah stek menggunakan epoxy, pastikan stek tidak goyang.
5. Ikatlah antara besi kolom praktis dengan stek penguat atas dan bawah menggunakan kawat bendrat dan posisikan sehingga besi kolom praktis berdiri tegak.

6.Bekisting 1 dipasang sesuai ketinggian pasangan bata dan bekisting 2 dipasang lebih rendah dari pasangan bata. Kedua bekisting dilebihkan jarak 5cm pada sisi kanan dan kiri untuk menutupi pasangan bata.
7. . Tambahkan jendela dari papan kayu pada bekisting 2 dengan kemiringan yang cukup, kemudianlah ikatlah antara kedua sisi bekisting dengan kawat bendrat pada atas, tengah dan bawah bekisting. Pastikan kawat bendrat terikat dengan baik.
8. Ukurlah dan cek vertikalitas bekisting kolom praktis tersebut dengan dilot.
Campurlah adonan beton sesuai spesifikasinya sampai adonannya rata dan homogen.
Pasanglah alas untuk menampung adonan yang jatuh, kemudian cor kolom praktis dengan menuangkan adonan kedalam lubang bekisting, pada saat pengecoran ke dua sisi bekisting dipukul-pukul dengan palu agar beton nantinya tidak keropos.